“Teknologi Multimedia Medium Ideal bagi Transformasi Wisata Seni dan Budaya”
Oleh : Eka Priadi Kusumah

Prolog
Tidak dapat dipungkiri pesatnya perkembangan teknologi dalam berbagai bidang telah mengubah cara pandang serta cara kerja dalam khasanah kebudayaan. Teknologi merupakan salah satu komponen kebudayaan yang terus bergerak seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dalam rangka meningkatkan taraf hidup manusia dalam berbagai bidang kehidupan.
Teknologi menyangkut cara-cara atau teknik memproduksi, memakai, serta memelihara segala peralatan dan perlengkapan. Teknologi muncul dalam cara-cara manusia mengorganisasikan masyarakat, dalam cara-cara mengekspresikan rasa keindahan, atau dalam memproduksi hasil-hasil kesenian.
Secara etimologis, akar kata teknologi adalah “techne” yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode dan seni. Istilah teknologi sendiri untuk pertama kali dipakai oleh Philips pada tahun 1706 dalam sebuah buku berjudul (Technology: A Description Of The Arts, Especially The Mechanical).
Terbukti secara konkrit teknologi telah menyumbang begitu banyak hal dalam peradaban manusia, berkat teknologi manusia kini mampu menghasilkan cara-cara yang efektif dan efisien didalam menyelesaikan berbagai macam hal dan persoalan dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup umat manusia.
Teknologi Multi Media dan Peranannya
Multimedia banyak diterapkan dan dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan seperti dalam system informasi bidang Pemerintahan (e-government), bisnis dan perdagangan (e-commerce) dunia pendidikan (e-learning), multimedia juga digunakan sebagai media iklan, profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media informasi di garis depan didalam mentransformasikan ide dan gagasan serta tujuan produk.
Dalam bidang seni dan budaya pada jaman dahulu, proses pemanggungan untuk seni pertunjukan masih menggunakan teknologi yang sangat sederhana, misalnya untuk penerangan (lighting) hanya menggunakan obor, atau lampu petromak, tata suara (sound system) seadanya pada umumnya hanya mengandalkan kemampuan olah vocal dari seniman (artist), juga untuk perangkat-perangkat pendukung pertunjukan lainnya seperti promosi dan pengkemasan pertunjukan hanya menggunakan teknologi yang sederhana. Sangat berbeda dengan konsep pertunjukan pada saat ini dimana peralatan dan perlengkapan pemanggungan mulai dari lighting, sound system, promosi dan pengkemasan pemanggungan sudah sangat modern sehingga proses kreatif pada pra dan pasca produksi pertunjukan menjadi lebih bergairah dan kaya akan inovasi.
Dalam beberapa dekade terakhir perkembangan teknologi Multi media memberikan dampak positif bagi perkembangan seni dan budaya, terlebih dalam hal pengkemasan, promosi dan pemasaran objek wisata, seni dan budaya.
Pemanfaatan teknologi multi media dalam pengembangan wisata, seni dan budaya
Pengembangan objek wisata, seni dan budaya menjadi hal penting untuk di lakukan, karena akan mendatangkan banyak manfaat jika objek wisata, seni dan budaya memiliki daya tarik serta keistimewaan. Tentunya ini akan mendatangkan keuntungan baik dalam hal ekonomi, sosial maupun bagi seni dan budaya itu sendiri. Dengan datangnya wisatawan karena terpikat oleh daya tarik dan pesona wisata, seni dan budaya tentunya juga akan meningkatkan devisa bagi perekonomian wilayah setempat.
Banyak saluran teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi wisata, seni dan budaya, yang tentunya dapat menunjang proses pengkemasan secara eksklusif hingga menarik perhatian wisatawan. Kondisi kemajuan teknologi sangat pesat baik dalam infrastruktur maupun supra struktur teknologi. Kejelian didalam memilih media teknologi menjadi kunci sukses keberhasilan dalam mempromosikan serta mengembangkan pesona wisata, seni dan budaya.
Pada dasarnya penerapan teknologi didalam proses pengembangan objek wisata, seni dan budaya memiliki dua arah pengembangan yaitu arah kedalam (inetrnal) dan arah keluar (eksternal).
Pengembangan kedalam (internal)
Dalam proses ini pengembangan potensi yang dimiliki oleh objek wisata, seni dan budaya dikemas dan di kembangkan dengan memanfaatkan media teknologi sehingga wujud serta kualitas objek menjadi lebih kompetitif tetapi tidak mengurangi nilai nilai dasar yang terkandung didalam setiap objek yang di kembangkan.
Selanjutnya objek wisata, seni dan budaya di kemas sedemikian rupa sehingga wujud , bentuk serta kualitasnya berkorelasi dengan lingkungan budaya yang melingkupinya sehingga tercipta iklim dan kondisi yang ”ramah budaya”.
Proses pengembangan terhadap objek wisata, seni dan budaya yang berkesinambungan dan terencana tentunya akan menciptakan suasana yang kondusif dalam ruang wisata, seni dan budaya karawang.
Pengembangan keluar (eksternal)
Pada tahap ini objek wisata, seni dan budaya yang telah di kemas sesuai kebutuhan dalam rangka pengembangan potensinya di transformasikan kedalam bentuk-bentuk dan nlai-nilai yang siap untuk di “konsumsi” oleh publik. kemasanya telah dipoles dengan sentuhan etika dan estetika yang mencerminkan karakter dan jati diri dari kebudayaan karawang. Sehingga citra dari karakteristik serta corak budaya karawang dapat tergambar secara symbolik dalam kemasan objek wisata, seni dan budaya yang hendak di “pasarkan”.
Partisipasi masyarakat (Citizen journalism)
Dalam era dimana media informasi semakin maju, dan kegiatan masyarakat dalam system informasi digital (blog, social networking, dan lain-lain) semakin padu dan menjadi rutinitas dalam aktivitas sehari-hari, maka ini menjadi peluang dan kesempatan untuk melibatkan komponen masyarakat dalam ruang on line untuk turut serta dalam mempromosikan dan mensosialisasikan potensi wisata, seni dan budaya karawang.
Partisipasi dan peran serta masyarakat dalam mengembangkan potensi wisata, seni dan budaya karawang tentunya menjadi hal yang harus terus di gugah dan di galakan dalam rangka menyukseskan dan mentransformasikan hasil pengembangan wisata, seni dan budaya kedalam medium informasi multimedia yang berbasis web.
Pemberdayaan komunitas-komunitas yang tumbuh dan berkembang dalam dunia maya seperti blogger, social network dan lain-lain tentunya akan memberikan kontribusi yang positif dalam rangka mengembangkan potensi wisata, seni dan budaya yang teritegrasi dan bersifat keterlibatan langsung.
Reportoar, artikel-artikel serta hasil penelitian terhadap objek wisata, seni dan budaya menjadi kebutuhan penting didalam menyusun konsep dan strategi untuk mensosialisasikan hasil pengkemasan wisata, seni da budaya. Serta bisa dijadikan bahan referensi bagi komunitas-komunitas yang konsern terhadap isu-isu seputar wisata, seni dan budaya karawang sehingga hasil dari publikasi pada halaman blog ataupun grup di social networking dapat mencerminkan kualitas dan karakteristik yang ideal serta sesuai dengan target yang telah di susun dalam proses pengkemasan dan pengembangan. Informasi dapat berjalan secara interaktif, dan mampu meningkatkan trafik pengunjung serta ketertarikan dari berbagai kalangan dan pihak dari luar kebudayaan karawang.
Merancang symbol-simbol, idiom-idiom seni budaya dan tipografi yang ideal untuk diterapkan dalam konsep desain web yang berhubungan dengan pengembangan wisata, seni dan budaya karawang yang sesuai dengan tradisi budaya karawang. Dengan memperhatikan detail terhadap symbol dan idiom-idiom seni dan budaya lokal yang telah menjadi landasan dasar kebudadayaan karawang. Konsep rancangan tipografi ini harus menjadi landasan dasar didalam mengembangkan dan mencitrakan potensi wisata, seni dan budaya karawang yang utuh dan komprehensif.

seniman tradisi karawang

pertukaran budaya

Iklan